Parkour Surabaya ialah komunitas bagi para praktisi parkour di wilayah kota Surabaya dan berafiliasi dengan Parkour Indonesia. Sebelum dibentuknya Parkour Surabaya, sudah terdapat beberapa individu dan kelompok yang berlatih parkour secara terpisah di Surabaya. Melalui forum www.parkourindonesia.web.id, para praktisi parkour tersebut untuk pertamakalinya mengadakan jamming (latihan bersama) pada tanggal 30 September 2007. Tanggal tersebut dijadikan sebagai hari lahirnya Parkour Surabaya.

Parkour Surabaya telah disupport oleh Pemerintah Kota Surabaya, DISPORA Kota Surabaya dan FORMI Surabaya ( Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ). Saat ini Parkour Surabaya diketuai oleh Andreas Lucio Ivanno.

Parkour Surabaya memiliki tujuan untuk mempersatukan, pertukaran informasi, membina serta memberikan layanan untuk pengembangan Parkour kepada para praktisi parkour di Surabaya. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Parkour Surabaya melakukan latihan rutin yang terjadwal tetap dan memiliki program sesi latihan khusus untuk pemula yang ingin mencoba latihan Parkour untuk pertamakalinya. Hal ini guna menciptakan budaya latihan parkour yang disiplin, memperhatikan proses yang baik, aman, serta menghormati diri dan sekitarnya. Parkour Surabaya memiliki tim instruktur yang telah memiliki pengalaman berlatih dan melatih Parkour. Para intruktur di Parkour Surabaya, Andreas Lucio Ivanno, pernah berlatih dengan  Crish “Rowat” Blane ( Senior Coach Parkour Generation ), Stephane Vigroux ( Parkour Generation ), Chris Sotiriou ( Parkour Generation Asia ) dan Daniel Illabaca ( Traceur England ). Kemudian Instruktur Langit Wira dan Dwi Marluddiyanto pernah berlatih dengan Thomas Couetdic dan Stephane Vigroux ( Parkour Generation ).

Parkour Surabaya berperan sebagai sumber utama informasi mengenai disiplin Parkour bagi masyarakat di Surabaya. Oleh sebab itu, Parkour Surabaya secara aktif memberikan informasi yang benar mengenai Parkour melaui kerja sama dengan media massa (baik cetak maupun elektronik), akademisi, fotografer, dan filmmaker. Parkour Surabaya juga turut serta dalam mengisi berbagai acara guna mensosialisasikan Parkour melalui eksibisi, workshop, seminar atau kegiatan yang bersifat sosial (donor darah, kampanye kesadaran lingkungan, dll.).
Selain latihan rutin, Parkour Surabaya telah melakukan beberapa kegiatan lain guna mengembangkan disiplin parkour Diantaranya, Parkour Jawa Timur Coaching Clinic acara yang dibuka secara umum  bagi praktisi parkour atau masyarakat Surabaya. Salah satu tujuan acara tersebut untuk mengenalkan dan menyebarluaskan metodologi latihan parkour secara aman dan terarah
. Acara yang dihadiri ratusan Praktisi Parkour Se-Jawa Timur telah berjalan dengan sukses dan acara tersebut juga di support oleh Pemerintah Kota Surabaya, DISPORA ( Dinas Pemuda dan Olahraga ) dan FORMI ( Federasi Olahraha Rekreasi Masyarakat Indonesia ).


Parkour Surabaya juga telah mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara Jamming Nasional Parkour Indonesia ke-5 (Jamnas2012), yang telah berlangsung pada 7-9 September 2012 di Surabaya.

Bertemakan " Courage Useful Kinship" pada Jamnas2012, Jamnas2012 dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari seluruh Indonesia dan juga 3 peserta yang berasal dari Singapore (Parkour Singapore).

Kedepannya, Parkour Surabaya terus mengembangkan diri sebagai pusat utama informasi mengenai Parkour dan pusat pelatihan Parkour di Surabaya.



Sejarah Parkour Surabaya  
Facebook :ScAPE Parkour Surabaya  
Twitter :Parkour Surabaya  
Youtube Channel :Scp Video Project  

Email : surabayaparkour@gmail.com
Situs resmi Parkour Surabaya: www.parkoursurabaya.com