Parkour adalah metode latihan untuk melewati segala macam rintangan dengan menggunakan kemampuan natural manusia. 
Secara harfiah Parkour berasal dari bahasa Perancis yang  mempunyai arti “lari melewati/lari halang rintang” (Par Cours) yang dalam aplikasinya bisa dideskripsikan sebagai bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin dengan menggunakan kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri. Sebenarnya prinsip Parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour” , namun aktifitas Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. 

  1.1 David Belle

Pengajaran Parkour menitik beratkan pada kemampuan suatu individu untuk mengenali kemampuan dirinya dan mengenali serta menghormati lingkungan sekitarnya. 
Adaptasi total adalah tujuan pembelajaran parkour. Secara pedagogikal, inti pembelajaran parkour ditujukan untuk melatih tiga aspek dalam diri manusia, yaitu physique (Aspek kemampuan fisik: kemampuan lari, lompat, memanjat, dan lain-lain), virile (Aspek kebugaran: ketahanan, kegesitan, kecepatan, kekuatan, dan daya ledak), dan morale (Aspek moral: semangat, keberanian, ketenangan, keuletan, kedisiplinan, dan keinginan untuk membantu sesama).

1.2 Instruktur Langit Wira memimpin pemanasan ( Warming Up )

Secara definisi, Parkour merupakan suatu bentuk metode adaptasi diri terhadap lingkungan sekitar agar kita bisa bergerak dengan aman dan nyaman dimana dalam prosesnya, praktisi bisa menemukan gerakan alaminya yang efektif dan efisien yang diperoleh dari hasil proses adaptasi yang bertahap. 

Definisi parkour sebagai metode adaptasi diri terhadap lingkungan sekirar ini mengajarkan praktisinya untuk jauh lebih bisa mengenal dirinya sendiri baik mental maupun fisik sebelum dia mengenal lingkungan sekitarnya. 
Definisi parkour ini juga mengajarkan praktisinya untuk bisa menempatkan diri dimanapun dia berada. Selain itu praktisi dituntut untuk bisa nyaman di lingkungan yang tidak nyaman sekalipun. Hal ini membentuk mental praktisinya untuk lebih kuat dalam menghadapi rintangan dan cobaan hidup. Banyaknya nilai – nilai positif dari sepenggal definisi parkour tentang adaptasi tersebut yang sebenarnya kita butuhkan dalam keidupan sehari-hari.  



 1.3 Parkour Surabaya di Rooftop ITC Surabaya